okt dog budibadabadu: ::: atas nama antonioni

Tuesday, June 20, 2006

::: atas nama antonioni


"It was written I should be loyal to the nightmare of my choice..."
Heart of Darkness, a grreatt novel by Joseph Conrad, 1902.



Tulisan saya dimuat di VISUAL ARTS, sebuah majalah seni rupa dwibulanan di Jakarta. Edisi #13, Juni-Juli 2006, halaman 73-76. Judulnya "Apa Yang Kau Cari, Antonioni?", membahas film Blow-Up (Michelangelo Antonioni, 1966).

Trus kenapa?
Hah. Iya ya, bener juga: trus kenapa?

Mungkin ini. Ada beberapa hal:

[1] Saya memang SANGAT SUKA film-film karya Michelangelo Antonioni. Rasanya senang bisa menuliskan hal-hal yang kita sukai. Sutradara Italia ini memang hebat. Meminjam istilah teman baik saya, Rantje, yang pertama kali mengenalkan film-film Antonioni ke saya: Kejeniusan Antonioni meredefinisi konsep film naratif, dilakukannya dengan menantang pakem konvensional tentang penuturan, realisme, drama, dan konsep kehidupan manusia secara keseluruhan. Perasaan yang distimulasi oleh keindahan gambar film-film Antonioni tidaklah jauh berbeda dengan perasaan yang selalu dialami oleh para karakternya: misterius, dan tak terungkapkan. Rasa teralienasi dan nuansa kehilangan di dunia yang terasing, mendominasi karya-karyanya.

[2] Yang lucu dari pemuatan artikel saya ini justru profil kontributornya, di halaman 4, yang bertebaran salah ketik dari redaksinya. Salah satunya, ditulis di situ: Budi Warsito, lahir di Solo, 1908. Haaa... Ketika saya tunjukkan kepada Rantje, yang juga partner saya di Kineruku, dia langsung bilang, "Hahahaha! Kurator Kineruku umurnya hampir 100 tahun, udah kakek-kakek tapi masih mau nulis!" Saya menjawabnya, "1908! Ini sih bukan Budi Warsito, tapi Boedi Oetomo!" :)

[3] Seno Gumira Ajidarma juga pernah membahas film Blow-Up di salah satu eseinya yang dahsyat tentang fotografi. Dia kan fotografer juga. Dan, kok ya kebetulan banget, kineruku, di mana saya menjadi kuratornya, program monthly screening-nya untuk bulan Juni ini memutar karya-karya Antonioni, dan tentu saja salah satunya adalah film Blow-Up, yaitu Sabtu, 24 Juni 2006.

Tertarik datang? Filmnya BAGUS BANGET BANGET BANGET!
Sampai jumpa dengan Budi, Bada, dan Badu di sana!

* * *